Mencicipi Nasi Gandul Mbak Tini Semarang

Siapa yang pernah mendengar kuliner bernama nasi gandul? Terdengar cukup unik dan lucu ya bagi kita yang baru pertama kali mendengarnya. Saat pertama kali mendengar sebutan ‘Nasi Gandul’ yang terlintas dipikiran saya kala itu adalah nasi bungkus yang dijual dengan cara di gantung (dalam bahasa jawa disebut ‘gondal-gandul’). Lain halnya dengan suami saya, pertama kali mendengar nama ‘Nasi Gandul’ yang terlintas dibenaknya adalah nasi dan pepaya (dalam bahasa Banyumas dikenal dengan sebutan ‘gandul’). Wah beragam pemikiran ya? Tapi sebenarnya apakah kalian tahu tentang nasi gandul ini?

Nasi gandul merupakan salah satu makanan khas dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Sudah pernah berkunjung ke sana? Kalau belum, berarti kita sama, he he he. Kenapa dikenal dengan sebutan nasi gandul? Konon katanya dahulu para penjual nasi gandul ini menjajakan makanannya dengan cara dipikul, sehingga nasi dan lauk pauknya jadi bergelantungan, alhasil dinamakanlah nasi gandul (gondal-gandul alias bergelantungan). Wah berarti persepsi saya nggak terlalu melenceng ya dengan penjelasan aslinya? He he he

Katanya, nasi gandul ini merupakan nasi yang mengandung protein hewani yang baik, namun juga dapat mengundang kolesterol lho guys. Wah gimana tuh? Nasi gandul yang terbuat dari olahan sapi ini disajikan dengan kuah bersantan dan lauk pauk yang serba jerohan sapi, seperti babat, iso, paru, usus dll. Jerohan memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, namun juga mengandung lemak dan kadar kolesterol yang tinggi apabila dikonsumsi dengan berlebihan. Jadi tenang dulu, kalau makannya cuma sesekali dan dalam jumlah yang wajar, nggak akan berdampak negatif pada tubuh kok, malahan baik karena tubuh memiliki asupan protein yang cukup.

Ada kabar baik nih bagi kalian yang tinggal di daerah Semarang dan kepingin banget makan nasi gandul. Kalian nggak perlu jauh-jauh lagi ke kabupaten Pati, karena di daerah Semarang Selatan ada nasi gandul yang enak, namanya yaitu Nasi Gandul Mbak Tini. Ketika saya dan suami pergi ke Semarang, kami menyempatkan diri untuk menikmati nasi gandul ini, lumayan kan nggak perlu jauh-jauh ke Kabupaten Pati. Tapi kalau kalian mau nyobain Nasi Gandul yang asli Kabupaten Pati disarankan ke tempat asalnya ya, di Desa Gajahmati.

nasi-gandul-pati-mbak-tini
Nasi Gandul Mbak Tini (source from google)

Warung Nasi Gandul Mbak Tini ini terletak dipinggir jalan teman-teman, dan bukanya baru sekitar pukul 18.00. Jadi kalau siang hari, jangan kesini ya, belum buka. Ketika memesan nasi gandul, kita akan ditanya oleh penjualnya, mau tambah lauk apa, di sana disediakan babat, iso, paru, koyor, usus, telur, perkedel, tempe. Kalau kita tidak memakai tambahan lauk apa-apa, kita akan disuguhkan sepiring nasi gandul dengan kuah santan dan beberapa irisan daging sapi. Saat kesana, saya memilih lauk paru, karena saya ini pecinta makanan yang serba ada parunya, mau digoreng kek atau pun direbus. Sedangkan suami saya memilih lauk babat.

IMG_20180110_175608
Aneka Lauk Pauk Jerohan Nasi Gandul
IMG_20180110_175614
Aneka Lauk Pauk Jerohan Nasi Gandul
IMG_20180110_175617
Aneka Lauk Pauk Jerohan Nasi Gandul

Penyajian nasi gandul ini cukup unik, disajikan di piring yang telah dialasi dengan daun pisang. Ketika suapan pertama, lidah kalian akan disambut dengan rasa manis dan gurih yang berbaur. Rasa gurihnya didapat dari kuah santan.

IMG_20180110_175556
Nasi Gandul dan Paru

Paru sapi ini juga dimasak dengan kematangan yang pas, tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu lembek. Legenda mengatakan, nasi gandul yang nikmat itu bila dimakan bersama dengan tempe garing, dan saya sudah membuktikan kebenarannya ini. Rasanya ketika menikmati suapan terakhir dari nasi gandul, saya pinginnya nambaaaah lagi dan lagi. Harga disini juga tergantung pada lauk yang kalian pilih ya, saat itu saya makan bertiga dengan lauk paru, babat dan telur serta tempe habisnya sekitar Rp. 68.000,- dan puas banget. Kalau nasi gandul di Semarang aja sebegini enaknya, bagaimana rasa nasi gandul yang ada di Kabupaten Pati ya? Lain kali harus diagendakan makan nasi gandul di daerah Kab. Pati nih.

Nah begitulah kurang lebihnya pengalaman saya saat mencicipi nasi gandul ini. Kalau kalian pernah mencicipi nasi gandul di sini ataupun di tempat lain, boleh sekali bagi-bagi review dan alamatnya di kolom komentar. Terakhir, terimakasih banyak buat kalian yang sudah menyempatkan diri membaca blog saya kali ini tentang Nasi Gandul Mbak Tini. And keep reading my next post. See yaa..

Lokasi:
Nasi Gandul Mbak Tini

Jl. MT. Haryono No.657, Wonodri, Semarang Sel.,
Kota Semarang, Jawa Tengah 50242
Open : 18.00 – 21.00 (habis)

Leave a comment