Mie Kelinci yang Terkenal di Purwokerto

Mie. Olahan makanan dari tepung terigu ini memang banyak digemari oleh masyarakat. Hampir setiap kota memiliki hidangan mie dengan ciri khasnya masing-masing. Di Purwokerto juga terdapat suatu tempat makan yang menyediakan berbagai hidangan mie. Bagi penggemar berat mie, kalian mungkin akan sangat menyukai tempat ini, namanya Mie Kelinci III Pasar Baru. Walaupun namanya mie kelinci, tapi daging yang digunakan tetap daging ayam ya hehe. Kata kelinci hanya sebuah penamaan saja.

Tempat makan ini sudah sangat tersohor di Purwokerto. Kabarnya banyak yang merasa puas dengan setiap sajian yang dihidangkan di sini. Awalnya aku mengira jika tempat makannya akan sangat luas dan besar karena tempat makan ini sudah sangat terkenal, namun tempatnya justru tidak terlalu luas dan bentuknya unik. Dari luar tampak seperti rumah pada umumnya, namun bagian dalamnya diubah sedemikian rupa sehingga menyerupai tempat makan. Mie Kelinci III Pasar Baru ini memiliki banyak menu selain mie, seperti pangsit, sapo tahu, siomay, nasi tim hingga fuyung hai. Namun yang menjadi andalan di sini adalah hidangan mienya.

Lokasi Mie Kelinci III Pasar Baru

Setelah melihat-lihat menu yang ditawarkan, akhirnya aku memutuskan mencoba mie kelinci III untuk varian rasa asin dan pangsit rebus. Sedangkan minumannya aku memilih es teh dan jus gerindong. Tidak menunggu waktu yang lama, pesananku pun tiba dengan cantik di atas meja. Dari penampakannya saja aku sudah yakin bahwa mie ini akan terasa enak.

Jujur, ukuran seporsi mie ini sangat banyak menurutku. Dalam seporsi mie kelinci III varian asin ini terdapat suwiran ayam, sawi hijau, setengah telur loh (telur coklat) dan sebuah pangsit goreng. Bersamaan dengan seporsi mie kelinci ini dihidangkan pula semangkuk kuah kaldu bening dengan taburan daun bawang.

Kuah kaldunya terasa begitu gurih. Untuk mie, teksturnya kecil-kecil dan sangat kenyal. Sedangkan pangsit gorengnya ini cukup lebar dan sangat crispy. Isian daging ayam di bagian tengahnya membuat pangsit ini semakin enak. Pada telur lohnya yang berwarna coklat ini ada rasa sedikit manis namun tidak mengubah keseluruhan cita rasa dari mie yang gurih asin, malah dengan adanya telur loh membuat rasa dari mie ini menjadi tidak monoton. Secara keseluruhan aku menyukai mie kelinci III varian asin, mungkin jika dinilai 8/10. Harga untuk seporsi Mie Kelinci III Varian Asin ini sebesar Rp32.500,00 sebanding dengan rasanya yang enak. Untuk seluruh menu mie dengan varian manis, perbedaannya hanya terletak di bagian mienya yang dicampurkan dengan kecap manis terlebih dahulu.

Beralih ke bagian pangsit rebus yang penampilannya tidak kalah menggoda. Dalam seporsi pangsit rebus terdapat lima buah pangsit juga suwiran ayam, sawi hijau dan taburan daun bawang. Kulit pangsitnya tipis dan lembut. Sedangkan isian daging ayam di dalamnya cukup tebal. Kuahnya walaupun bening namun sangat gurih dan asinnya juga pas. Untuk keseluruhan, nilai dari pangsit rebusnya 8/10 dan harga seporsi pangsit rebus ini sebesar Rp21.000,00 saja.

Setelah puas menikmati makanannya, kini giliran menikmati minuman dingin yang sudah dipesan. Yang menarik perhatianku di sini adalah jus gerindongnya. Di dalam jusnya terdapat sebuah plum kering. Sudah bisa ditebak kan bagaimana rasanya? Ya betul, rasanya asam dan manis menyatu di dalam setiap tegukan. Rasa asamnya sudah pasti didapat dari buah kedondongnya. Jika kalian pernah memakan permen nano-nano, nah kurang lebih seperti itu rasanya. Begitu meminumnya, aku yang semula sedikit mengantuk akibat kekenyangan menjadi segar kembali. Gerah akibat panasnya cuaca Purwokerto di siang hari seperti terobati dengan meneguk segelas jus gerindong yang dingin ini.

Es Teh dan Jus Gerindong

Jadi segitu dulu ceritaku menyantap kuliner mie di Mie Kelinci III Pasar Baru Purwokerto. Jika kalian penasaran, kalian bisa mencobanya langsung. Alamat lengkapnya akan kutulis di bawah postingan ini. Bagi kalian yang sudah pernah mencicipi Mie Kelinci III Pasar Baru Purwokerto, silakan menuliskan di kolom komentar kesan-kesannya saat menikmati hidangan di sana. Terima kasih sudah berkunjung di personal blogku sampai jumpa di cerita lainnya.


Lokasi:
Mie Kelinci III Pasar Baru
Jl. Profesor DR. HR Boenyamin No.40, Glempang, Bancarkembar, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53121

Buka setiap hari pukul 07.00-22.00

Leave a comment